Minggu, 20 Oktober 2013

Digital Sculpting

PENDAHULUAN

sebelum menjelaskan sedikit isi paper ini , terlebih dahulu saya ingin menjelaskan apa yang dimaksud dengan Digital Sculpting.

Digital sculpting, juga dikenal sebagai Modeling Sculpt atau Sculpting 3D, adalah penggunaan perangkat lunak yang menawarkan alat untuk mendorong, menarik atau memanipulasi objek digital seolah-olah itu terbuat dari bahan kehidupan nyata seperti tanah liat, patung.

Didalam Digital Sculpting ini ada 2 penjelasan diantaranya : Sculpting Technology dan Uses.

Sculpting Technology Geometri yang digunakan dalam program digital sculpting untuk mewakili model dapat bervariasi, masing-masing menawarkan keuntungan yang berbeda dan keterbatasan. Mayoritas alat digital sculpting di pasar menggunakan geometri berbasis mesh, di mana obyek diwakili oleh permukaan mesh saling poligon yang dapat mendorong dan menarik sekitar. Ini agak mirip dengan proses fisik mengalahkan pelat tembaga untuk memahat adegan lega. Digital sculpting lainnya menggunakan geometri berbasis voxel, di mana volume objek adalah elemen dasar. Bahan dapat ditambahkan dan dihapus, seperti mematung di tanah liat. Alat lainnya masihmenggunakan lebih dari satu representasi geometri dasar. Sebuah keuntungan dari program berbasis mesh bahwa mereka mendukung mematung di beberapa resolusi pada model tunggal. Area model yang halus rinci dapat memiliki poligon sangat kecil sementara daerah lain dapat memiliki poligon besar. Dalam banyak program berbasis mesh, mesh dapat diedit pada berbagai tingkat detail, dan perubahan pada satu tingkat akan merambat ke tingkat yang lebih tinggi dan lebih rendah dari model yang detail. Keterbatasan mematung berbasis mesh topologi tetap mesh, susunan spesifik dari poligon dapat membatasi cara di mana rinci dapat ditambahkan atau dimanipulasi.

Sebuah keuntungan dari mematung berbasis voxel adalah bahwa voxel memungkinkan kebebasan penuh atas bentuk. Topologi model dapat diubah terus menerus selama proses patung sebagai bahan yang ditambahkan dan dikurangi, yang membebaskan pematung dari mempertimbangkan tata letak poligon di permukaan model. Voxel, bagaimanapun, adalah lebih terbatas dalam menangani berbagai tingkat detail. Tidak seperti pemodelan berbasis mesh, perubahan luas dibuat untuk voksel pada tingkat rendah detail benar-benar dapat merusak rincian halus. Interaksi dengan alat digital sculpting dapat bervariasi dari mouse komputer standar untuk tablet pena digital yang menyediakan sensitivitas tekanan, yang dapat menyediakan fungsionalitas tambahan untuk sebagian besar perangkat lunak mematung. Beberapa tools bahkan mendukung patung dengan perangkat input haptic.


Uses Digital sculpting masih merupakan metode yang sangat baru, tetapi telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun belakangan ini. Sculpting dapat memperkenalkan rincian untuk jerat yang lain akan sulit atau tidak mungkin untuk membuat menggunakan teknik pemodelan 3D tradisional. Hal ini membuat lebih baik untuk mencapai hasil photorealistic dan hyperrealistic. Sculpting terutama digunakan dalam model organik tinggi poli (penciptaan model 3D yang terutama terdiri dari kurva atau permukaan tidak teratur, sebagai lawan pemodelan permukaan yang keras). Hal ini dapat membuat jerat sumber untuk model permainan poli rendah yang digunakan dalam video game. Dalam hubungannya dengan pemodelan 3D lainnya dan teknik texturing dan pemetaan Pemindahan dan normal, itu sangat dapat meningkatkan penampilan jerat permainan sering ke titik photorealism. Beberapa program mematung seperti 3D-Coat, Zbrush, Mudbox dan menawarkan cara untuk mengintegrasikan alur kerja mereka dengan 3D modeling tradisional dan program rendering. Sebaliknya, aplikasi pemodelan 3D seperti 3ds Max dan Modo sekarang menggabungkan kemampuan mematung juga, meskipun ini biasanya kurang maju dibandingkan alat yang ditemukan dalam aplikasi mematung-spesifik.
Tinggi poli memahat juga banyak digunakan dalam CG karya seni untuk film, desain industri, seni, ilustrasi fotorealistik, dan untuk prototyping dalam pencetakan 3D.



sumber : - wikipedia.com
               - id.shavoong.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar