Senin, 26 September 2011

ISD sebagai salah satu MKDU

1. Tujuan pendidikan umum di perguruan tinggi 
  • Menumbuhkan rasa peka terhadap mahasiswa dalam mengatasi masalah-masalah dan kenyataan-kenyataan sosial yang timbul di dalam masayrakat .
  • Memudahkan mereka dalam berkomunikasi dengan cara memberikan berbagai ilmu pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar mereka mampu berpikir secara baik , interdisipliner, dan mampu memahami pikiran para ahli berbagai ilmu pengetahuan.
  • Sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebagai anggota masyarakat .
2. Tiga kemampuan yang di harapkan dari lulusan perguruan tinggi
  • Kemampuan personal : Tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga menunjukkan sikap yang mencerminkan kepribadian Indonesia, mengenal dan memahami nilai agama, masyarakat, pancasila serta pandangan luas terhadap berbagai masalah masyarakat Indonesia. 
  • Kemampuan akademik : Kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah baik lisan maupun tulisan dan mampu berpikir logis, kritis, sistematis dan analitis. Memiliki kemampuan untuk mengedintifikasi dan merumuskan masalah yang sedang dihadapi. 
  • Kemampuan profesional : Kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Dan mereka diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan yang tinggi dalam profesinya.
3. Latar belakang ilmu sosial dasar
  • Banyaknya kritik yang ditunjukkan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi bahwa sistem pendidikan yang diberikan masih berbau kolonial dan warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda. Yang pendidikannya bertujuan untuk menghasilkan tenaga terampil untuk menjadi tukang yang mengisi birokrasi mereka.
  • Sistem pendidikannya masih tidak mengenali dimensi – dimensi lain di luar disiplin keilmuannya. Perguruan tinggi dianggap seolah – olah tidak peka terhadap lingkungan sekitarnya sertak perkembangan masyarakat.
    Sedangkan tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan mempunyai tiga kemampuan, yaitu personal, akademis dan profesional.
4. Pengertian Ilmu Sosial Dasar

  • Ilmu sosial dasar adalah gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar kita. ISD memberikan dasar – dasar pengetahuan tentang konsep untuk mengkaji gejala sosial.

5. Tujuan Ilmu Sosial Dasar
  • Agar dapat memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada didalam masyarakat.
  • Agar peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
  • Agar dapat menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis-interdisipliner dan  memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
6. Tiga kelompok ilmu pengetahuan
  •  Ilmu Alam adalah ilmu yang objeknya benda-benda alam dengan Hukum – hukum yang pasti berlaku kapanpun dan di manapun
  • Ilmu Sosial adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya
  • Ilmu Terapan adalah ilmu yang mempelajari tentang penerapan pengetahuan lebih dari satu bidang
7. Pengertian masalah sosial

Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.

Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, yakni antara lain :
1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.
2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.
3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dsb.
4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.


8. Contoh Masalah Sosial

  1. Masih banyaknya tindakan kriminal atau kejahatan
  2. Tidak meratanya pertumbuhan penduduk
  3. Membuang sampah tidak pada tempatnya
  4. Adanya pencemaran lingkungan
  5. Terjadi kebakaran
  6. Merusaknya fasilitas-fasilitas umum
  7. Mengkonsumsi narkoba dan minuman keras



    



Pendapat :

Menurut pendapat saya tentang Ilmu Sosial Dasar itu sangat berperan penting bagi kehidupan sehari hari karena kita dapat mencontoh isi dari kandungan ilmu sosial tersebut dan menjadikan proses pembelajaran mahasiswa agar dapat mengatasi masalah-masalah yang timbul dikalangan masyarakat.



Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar