Selasa, 14 Januari 2014

TUGAS EBOOK SOFTSKILL DESAIN PEMODELAN GRAFIK

Kelompok 8 Kelas 3IA05
Andri Dwi Saputra
Andrie Syahriandy
Annisa Tri Handayani
Dedi
M. Eko Darwanto
Nur Aisyah Setyorini


Ebook Halaman 21-25


Kemampuan Pemodelan Sistem

Kemampuan pemodelan sistem sangat menjanjikan. Gambar 21 dan gambar 22 menunjukkan objek yang dihasilkan oleh sistem. Objek yang ditunjukkan pada gambar 21 adalah objek berbentuk kepala yang dihasilkan dari objek dasar berbentuk bola. Objek dibuat dalam waktu kurang dari satu jam oleh tester yang belum berpengalaman menggunakan sistem. Alat inputan yang digunakan adalah mouse dan keyboard standar. Untuk mengulang membuat objek yang serupa, dapat dilakukan dalam waktu kurang dari tiga puluh menit. Objek yang ditunjukkan pada gambar 22 adalah objek berbentuk relief dinding. Objek ini dihasilkan dari bentuk dasar berupa bidang segiempat. Relief dibentuk dengan menggunakan beberapa tool dengan berbagai bentuk, yang dihasilkan dari gambar. Objek dapat dibuat dalam waktu sekitar 10 menit.




Gambar  22. Objek berbentuk kepala yang dihasilkan oleh sistem. Objek dihasilkan dari objek dasar berbentuk bola











Gambar 23. Objek berbentuk relief pada dinding yang dihasilkan dari bentuk dasar berbentuk bidang segiempat.







Kecepatan Deformasi

Kecepatan deformasi yang dihasilkan sangat mendukung proses pemodelan yang real-time. Kecepatan deformasi diukur dalam kondisi jumlah vertex objek yang berada dalam ROI berbeda-beda. Tabel 1 menunjukkan kecepatan deformasi berdasarkan jumlah vertex yang berada di dalam ROI. Kecepatan deformasi diukur pada lingkungan notebook dengan sistem operasi Microsoft Windows XP, proccessor Pentium DualCore 2.0GHz, RAM 1GB, dan GPU Intel GMA4500 dengan memori share.

Tabel 1. Kecepatan proses deformasi berdasarkan jumlah vertex objek yang berada di dalam ROI.



Dengan kecepatan yang didapatkan, seperti yang terlihat pada tabel 1, proses sculpting menjadi bisa dilakukan secara benar-benar real-time. Pada jumlah vertex lebih kecil dari 5000, kecepatan deformasi bahkan mecapai lebih besar dari 60 kali/detik, yang merupakan frekuensi standar refresh rate monitor LCD. Pada jumlah vertex sebesar 50000, kecepatan turun sampai mencapai 4.5 kali/detik. 




BAB III
TOOLS

Ultra Fractal adalah cara mudah dan fleksibel untuk membuat seni fraktal. Ketika siap untuk lebih banyak daya, Ultra Fractal adalah paket profesional mengagumkan yang mendukung animasi, fraktal sewenang-wenang dalam dan resolusi sangat tinggi.
Gambar Fractal diciptakan dengan berulang kali menghitung rumus fraktal. Meskipun formula ini adalah murni matematika, gambar-gambar yang dihasilkan seringkali sangat indah dan kompleks.
Ultra Fractal pergi jauh ke arah menyembunyikan hal-hal matematika. Sebaliknya, berfokus pada fraktal sendiri, cara mereka digabungkan dan bagaimana mereka berwarna. Hal ini memungkinkan untuk mengubah fraktal menjadi karya seni sejati.
Sangat mudah dan menyenangkan untuk mulai menggunakan Ultra Fractal dengan tutorial built-in. Dimulai dengan dasar-dasar, akan segera belajar cara membuat fraktal sendiri, mengubah warna, menambahkan lapisan, menggunakan masker dan bahkan membuat animasi.
Dalam Ultra Fractal 5, formula sekarang dapat menggunakan plug-in yang memungkinkan dengan mudah mencampur dan fitur pertandingan. Dengan menggabungkan berbagai plug-in, kemungkinan benar-benar menjadi tak terbatas. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Plug-in dalam file bantuan Ultra Fractal.



BAB IV
CONTOH PENGGUNAAN TOOLS

A.  Contoh Membuat Citra Fraktal
Pertama kali membuka Ultra Fractal, default Mandelbrot set ditampilkan. Karena akan membuat fraktal baru dari awal, tutuplah fraktal tersebut. Pada menu bar klik File - Close untuk menutup jendela fraktal.




Gambar 24. Tampilan awal Ultra Fractal.

Sekarang, ruang kerja kosong kecuali deretan Tool Windows pada sisi kanan layar. Tool Windows tersebut digunakan untuk memasukkan dan mengedit informasi yang menciptakan gambar fraktal pada layar . Tool Windows adalah pusat informasi program dan itu akan tetap terbuka  setiap saat.
Langkah pertama dalam menciptakan fraktal baru adalah memilih Fractal Formula yang menentukan struktur fraktal yang akan bekerja.
Untuk membuka jendela fraktal baru, pada menu bar klik File - New - Fractal.
Ini akan membuka “Select Fractal Formula” Browser. Panel kiri menunjukkan tiga folder (Compatibility, My Formulas dan Public) dan sebuah file bernama "Standard.ufm". Ketika klik Standard.ufm, konten tersebut berisi daftar formula-formula, yang muncul di sisi kanan jendela browser. Masing-masing formula muncul sebagai thumbnail yang menunjukkan tampilan gambar yang akan menghasilkan formula.



                                                     Gambar 25. File - New - Fractal.

Gambar 26. Jendela Browser.

Pilihlah salah satu gambarnya, pada contoh ini gambar yang dipilih yaitu Slope (Newton). Nah, terlihat di jendela bawahnya terdapat 2 jendela yaitu di sisi kiri jendela merupakan suatu algoritma dari gambar yang dipilih, sedangkan di sisi kanan jendela tampak gambar yang dipilih. Lalu klik Open.
Mengubah Formula Parameter
Lihatlah Tool Windows pada sisi kanan layar dan klik pada tab Formula yang paling atas (Layer Properties) window. Bawah formula nama di atas (dalam hal ini, Newton) akan melihat  pengaturan (Drawing Method, Periodicity Checking, Additional Precision dan Maximum Iterations) yang muncul untuk setiap fraktal formula. Khusus parameter-parameter untuk fakta formula ini tercantum di bawah garis pemisah (dalam hal ini : Exponent (Re), Exponent (Im), Root (Re), Root (Im) dan Bailout value).